Kamis, 26 Februari 2009

miss cupid

Bulan February. Bulan jatuh cinta sedunia. Dimana mana isinya cintaaaa…melulu. Di mall, di jalan, di kampus, bahkan di rumah, semuanya bertemakan cinta. Ooh, rasakan cinta di udara… (iklan banget gak seeh…) Mulailah miss cupid beraksi dengan ahlinya, menjajakan komoditi paling laku no.2 (setelah daging mentah), menjadi penasehat cinta buat temen temennya yang lagi mabok, yang rela ngasih apa aja demi sebuah advis cinta.
“mm, cewe kaya dia biasanya suka yang romantis romantic Jo. Ajak deh dianya dinner di resto yang cozy gitu, nggak perlu mahal sih, yang penting nyaman, trus, nyatain deh cinta kamu dengan 100 kuntum mawar merah…” begitu ahlinya miss cupid kita memberikan advisnya. Kalian pasti bertanya Tanya, gimana serngnya miss cupid kita ini gonta ganti pacar, atau mendengar rayuan cinta mamir ke telinganya. Oho, jangan salah. Miss cupid kita yang satu ini jauh banget dari sebutan primadona. Dengan penampilan yang selalu cuek dan apa adanya, miss cupid kita ini sepertinya lebih pantas disebut ‘premin’ (temennya preman) daripada disebut ‘prom queen’. “Yang belum terkontaminasi sama virus cowok, dialah yang paling objektif dan paling pantes jadi miss cupid”, begitu selalu elak miss cupid tiap kali ditanya tenang urusan cintanya. “emang kalian rela aku pacaran ma cowok terus pensiun dari pekerjaanku jadi miss cupid kalian semua?” Kalo sudah gitu, kalah deh temen temennya, nggak berani nanya nanya lagi…
“Gimana miss cupid, banyak pasien hari ini?” Tanya Vika, sobat akrab miss cupid.
“hmm…hmm…” Jawab miss cupid cuek sambil terus melangkahkan kakinya menyusuri lorong kampus menuju kelas berikutnya. “Lumayan lah. Lumayan buat jalan jalan besok sabtu” ujarnya cepat. Vika Cuma bisa geleng geleng kepala melihat tingkah ajaib sahabatnya. Emang sih, nggak Cuma kali ini aja Freya bertingkah aneh seperti itu. Tapi tingkah anehnya itu selalu bertambah aneh tiap kali mendekati val-day seperti ini. Alesannya sih, rasakan cinta di udara… (huekz…)
“Frey, dicari ketua HIMA noh, di gallery…!” kata salah satu temannya tepat ketika Freya baru menjejakkan sebelah kakinya ke lantai kelas. Kontan aja freya lemes mendadak. Terpaksa turun lagi ke lantai satu setelah dengan susah payah naik tangga ke lantai tiga emang ngeselin banget. Tapi demi sang KAHIMA, Freya turun juga.
“Vik, TA-in yaa!” katanya sambil menepuk pelan bahu Vika, lalu segera berlari turun lagi ke lantai satu. Vika Cuma bisa geleng geleng kepala.
***
“Wahai KAHIMA, gerangan apakah yang membuatmu memanggil miss cupid, ratu cinta sekampus, datang kemari?” sapa miss cupid konyol. KAHIMA yang baru aja menikmati semangkuk mie kuah xtra pedas sampe terbatuk batuk, keselek denger salam dari wakil serbabisa-nya itu.
Eh, kamu Frey. Aku punya kerjaan nih buat kamu. Rencananya untuk menyabut hari Valentine ini anak anak HIMA mo bikin stan pernak pernik Valentine buat cari dana buat korban banjir di Jawa Tengah. Gimana nurut kamu?”
“Mmm…mmm…” Freya bukannya jawab, malah asyik mantengin muka KAHIMA yang belakangan ini selalu hadir (nggak pernah absen) menghiasi setiap khayalan Freya.
“Trus nanti rencananya kita juga mau buat stan ramalan cinta miss cupid. Kamu aku serahin tugas buat jaga stannya. Ntar pembagian uang bayarannya kamu bahas langsung aja ma ketua acaranya. Nanti aku juga turun langsung, ikutan jaga stan pernak pernik Valentinenya. Gimana?”
“Mmm…mmm…”
“Freya…yah, aku dicuekin deh…” gerutu Daniel, sang KAHIMA, sambil mencubit pipi Freya kiri-kanan. “Iiiih…gemessss…”
“Adududuh, iya… apaa sih pake cubit cubit segala?!” protes Freya sambil menggosok gosok pipinya. “aku lagi ngebayangin konsep acaranya nih…” elak Freya elagapan, sambil sok seris mendengarkan keterangan lanjutan dari Daniel.
“Kamu dengerin nggak aku tadi ngomong apa?” tegur Daniel pura pura marah
“Iya denger, Freya denger. Tenang aja, pokoknya kalo bayarannya OKE, Freya sang Miss Cupid mo bantu apa aja… Eh, ngomong ngomong buat DP-nya bayarin mie ama es jerukku ya!” jawab Freya sambil dengan santai ngeloyor pesen mie dan es jeruk ke pejaga kantin.
“Frey…!”
Terlambat. Freya sudah terlalu jauh untuk dipanggil kembali dan menerima semburan kejengkelan Daniel. Daniel Cuma bia BT. Dongkol.
***
Hmm, perut kenyang, bawaannya ngantuk aja. Freya jadi nggak tahu mau kemana, soalnya nggak mungin juga dia masuk kelas. Udah telat banget soalnya.
“Frey, sini dunk… gabung ma kita kita…!” teriak Doni, temen Freya, dari pos satpam yang belakangan ini jadi tempat nongkrong favorit temen temennya. Eits, jangan salah sangka dulu…mereka ini bukannya pnya cita cita jadi satpam, tapi pos satpam ini emang tempat nongkrong yang paling asyik, nyaman n aman di seantero kampus. Freya pun memutuskan untuk bergabung.
“Wee… Freya, miss cupid abad ini. Gimana nih, udah ketemu pangeran cntanya? Atau, sendiri lagi di Valentine hari ini? Payah ah, masa ratu cinta malah nggak punya pacar…” ledek salah satu temannya. Freya yang diledek begitu Cuma bisa manyun, lalu menyerobot rokok yang baru setengah dihisap Doni.
“Buat aku ya”
Doni cumin manun, terus nyalain batang rkok yang baru. Freya tersenyum puas. Memang, walaupun cewe, Freya emang cewe yang paling ajaib dan radikal yang tumbuh di kampus oranye tercinta. Nggak salah deh, kao dengan gaya yag ajaib itu, Frey udah jadi wakil KAHIMA di semester awalnya di kampus. Karena gaya ajaibnya itu juga, Frey dengan mudah membaur dengan segala macam latar belakang teman temannya, cowok, cewek, bahkan kakak kakak angkatan. Biar ajaib gitu, Frey juga termasuk mahasiswa yang pintar dan nggak pernah basa basi. Yaa, enggak sedikit juag sih teman teman yang nggak msuka sama Freya, yang memandag sebelah mata atau menilai miring segala hal yang freya lakukan.
“Frey cantik, nggak boleh merokok donk… nanti anakku sakit asma lho…” Kata Daniel yang entah sejak kapan sudah berdiri di belakang punggung Freya, dan denga sigap meraih rokok yang baru saja hendak Freya hisap.
“Cieee…ciee… Ini toh pangerannya Freya… Cieee…cieee…”
Kontan aja seluruh audiens ber-cie cie-ria. Apalagi Daniel juga tanpa sungak (atau tanpa mikir?!) sudah bilang ‘anak’ segala. Muka Freya jelas aja berubah warna jadi merah-kuning-ijo denger kata kata Daniel. Merah untuk malu, kuning untuk agak il-feel, dan ijo untuk seneng. Malu, jelas lah… agak il-feel, ya iya lah! Masa belom apa apa Daniel udah berani bilang ‘anak’?! apa ntar nggak bikin gossip tuh? Macem macem aja. Freya juga belum ada rencana punya anak dalam waktu dekat kok. Seneng, ya iya banget lah… jangan jangan Daniel juga punya perasaan yang sama kaya yang dirasain ma Freya. Ah, kalo bener, senangnyaaaa…
“Eh, mukanya asem dia… Jangan marah donk Freya… Aku Cuma nggak suka aja liat cewe ngerokok. Kesannya gimanaaa gitu. Kaya nggak sayang badan sendiri. Kan kasian calon bayi kamu juga…” Lanjut Daniel (sok) bijaksana sambil senyum senyum (ganjen). Suasana mendadak jadi nggak enak. Hening banget, kaya d kuburan. Semua anak menatap heran pada Freya yang mendadak aneh ma Daniel yang juga tibatiba tampak ajaib didepan mereka.
“Ya udah kalo nggak boleh, aku cabut aja. Wek!” Ucap Freya mendadak, berusaha mencairkan suasana. “Ya udah, aku mo ke perpus dulu ya!” katanya sambil tersenyum, lalu buru buru berlari kecil ke perpustakaan. “Dasar cowok cowok egois semua. Nyebelin banget. Toh efek rokok sama aja buat cewe ma buat cowo. Kaya mereka nggak ngeokok aja, orang sama sama ngerokok juga…” runtuk Freya sepanjang jalan.
***
Ternyata di perpustakaan dah ada Vika ma Inka, temen Freya yang satu lagi, ngejogrok di spot favorit Freya. Jelas aja Freya kaget campur seneng. Ya iya, aturan kan kelas harusnya belom selesai. Tapi, lmayan juga sih, ada yang nemenin. Daripada ngganggur sendirian nggak jelas…
“Kabur dari kelasnya pak Jono ya?” Tanya Freya, yang langsung dijawa dengan anggukan mantab dari kedua temannya.
“iya, Pak Jono ngamuk. Lagi dapet kali…” Jawab Inka.
“Iya tuh, kaya orang kebakaran bulu idung aja…” Sahut Vika.
Freya Cuma menganguk angguk mahfum. Emang pak Jono, dosen MPK itu, tingkat ngeselinnya emang paling pol. Udah kalo ngomong logat Bali-nya kentel banget, sering ngeyel, mana kalo ngasi info sering salah lagi.
Tak lama kemudian, tiga lakon kita ini udah sibuk dengan bacaannya masing masing. Inka sama majalahnya, Vika ma buku pelajarannya, dan Freya ma novel fiksi ilmiah kesayangannya.suasana jadi hening. Tenaaang banget. Sesekali terdengar suara halaman buku dibalik. Semua sibuk dengan pikirannya masing masing.Kadang Inka ketawa ketawa sendiri, Vika sibuk membetulkan kacamatanya yang melorot, Freya sibuk mantengin parkiran mobil yang ada di belakang perpustakaan. Matanya menerawang, mengamati tiap mobi. Catnya, body-nya, kacanya, … tanpa sadar bibirnya berucap.
“Pren, aku lagi suka ma cowo nih… Gimana ya?”
Demi mendengar kata ‘aku suka cowok’ keluar dari mulut Freya, kedua sobatnya sontak meletakkan bacaannya masing masing, lalu langsung heboh sendiri (eh, berdua ding) mengorek keterangan lanjutan dari bibir Freya. Gayanya heboh banget, kaya wartawan yang lagi nguber pejabat yang ketangkep plisi gara gara ketauan korup.
“Hah, beneran Frey? Siapa? Anak mana? Cakep ya?”
“Anak FISIP ya? Kakak kelas? Seangkatan? Keren? Mirip artis ya? Siapa?”
“Gayanya asyik gak? Keren ya? Dia tau gak kalo kamu suka ma dia?”
“Aduuh, cerita donk Frey… Kan jarang jarang ada momen kaya gini…”
Frey yang ditanya teman temannya dengan cara yang membabi buta begitu hanya bisa tersenyum senyum misterius, mencoba menenangkan teman temannya yang udah heboh, sampe nggak sadar kalo mereka sudah dari tadi dilirik dngan sadis sama seisi perpustakaan.
“Pssst… diem dikit donk. Diliatin orang tuh…!” Jawab Freya santai. “Lagian aku juga belom pasti kok. Cuma suka aja apa emang naksir berat ma dia. Ntar aku kabari lagi deh kalo udah positif…”
Inka dan Vika sebenernya masih mau nanya nanya lebih jauh, tapi sesi Tanya jawab kali ini terpaksa diputus sejenak, karena Mira, kakak kelas yang juga bergelar primadona kampus, dating dengan wajah gak karuan, kayanya mau curhat ma Freya perihal berantemnya dia ma cowoknya.
“Frey, sori bisa ganngu bentar? Gue mo curhat niyh…”
Freya melirik sebentar kea rah teman temannya yang kelihatan banget lagi menahan rasa penasaran, lalu berujar santai “Bisa kok…”
***
Sementara Freya sibuk dengan Mira, Inka dan Vika juga sibuk dengan seribu satu dugaan mereka mengenai cowok idaman Freya. Daniel juga sibuk. Bukannya sibuk belajar atau sibuk ngurusin acara HIMAnya, tapi malah sibuk ngelabainin anak anak SMA sebelah yang kadang pulang lewat depan fakultasnya.
“Cewe, aduh yang roknya pendek…” goda Daniel
“Jalannya jangan kaya tentara donk, aduuuh…” Timpal Rio
“Jangan grogi, santai aja… kita kita dah jinak kok…” Sahut Dido
Lalu mereka bertiga tertawa tergelak gelak.Cewek cewek SMA yang semula Ge-eR mereka godain, jadi menyingkir karena tengsin berat.

“Gue mau curhat soal Dido Frey, cowok gue. Tau kan lo, Dido yang mana?” Kata Kak Mira membuka percakapan. Sekarang mereka berdua lagi duduk di café kampus, memesan es krim dan cake untuk temen ngobrol mereka. Tentu aja Kak Mira yang bayar. Kan dia yang curhat. Lagian, kalo harus bayar sendiri mana mau Frey diajak makan disana?
“Dido tuh rese banget Frey. Dulu sih waktu PDKT, dianya baik banget ma aku. Romantis banget. Pokoknya charming lah. Tapi sejak gue ma dia jadian, dianya jadi berubah 180o . Udah sikapnya tengil banget, kurang ajar lagi. Yang paling nggak sopan, dianya berani beraninya godai cewe lain pas lagi jalan ma GUE! Emang gue dianggap apaan ma dia?! Nyebelin banget gak sih… sejak jalan ma anak anak HIMA tuh…apalagi ma yang namanya Daniel. Wah, playboy cap kecoa nungging deh. emang pada setan tuh anak anak HIMA. Ngerusakin cowo orang aja…” cerita kak Mira panjang lebar. Hati Freya mendadak bergetar begitu mendengar kata kata kak Mira. Apalagi menurut kak Mira, Daniel itu playboy cap Kecoa Nungging. Wah,…
“Kak Mira coba ngomong aja dulu ma kak Dido. Kalo dia-nya nggak mau tahu, apalagi kalo sikapnya semaik menjadi jadi, tinggal aja. Biar tau rasa dianya. Enak aja mainin anak orang sembarangan…Enak gitu kan, daripada makan ati…” Jawab Freya ikut ikutan emosi.
“Tapi Frey, aku btuh sayang banget ma dia… aku nggak bisa idup kao nggak ada dia. Dia tuh cowo yang paling oke lah kalo menurut aku. Kira kira gimana ya cara buat dia ngerti kalo aku sayang banget ma dia?” Kejar Kak Mira lagi, kali ini dengan wajah yang lebih melas. Persis kaya anak kucing minta dipiara. (>:P)
Huff… Freya jadi bingung mau ngomong apa. Gara gara cinta, kak Mira yang primadona kampus aja takut ninggalin Dido, cowok antic-nya yang jelas jelas udah menyengsarakan dia lahir-batin. Freya jadi mikir, apa emang segitunya racun para cowok? Wah, kalo beneran bahaya juga. Gimana ceritanya tuh kalo Freya, ratu cinta kampus, jadi jatuh cinta ma orang yang salah, sampe hidup menderita hanya gara gara nggak bisa ninggalin orang itu. Wah, apa juga bakal kejadian kaya Kak Mira ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar